Dukcapil: Standar Pelayanan Penerbitan KTP Elektronik Hilang/Rusak

Administrator 11 Februari 2020 08:25:49 WIB

JENIS PELAYANAN   : PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK HILANG ATAU RUSAK  
                       
  Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi :
                         
  NO KOMPONEN URAIAN  
  1. Persyaratan Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik  
    Pelayanan karena hilang / rusak:            
      a.  Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian apabila hilang  
      b. KTPel Asli apabila rusak  
      c. Fotokopi Kartu Keluarga  
      d. Bagi Orang Asing ditambah fotokopi dokumen perjalanan dan fotokopi kartu izin tinggal tetap  
           
  2. Sistem,  mekanisme, dan  a. Pemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa  persyaratan dan mengambil nomor antrian;  
    prosedur b. Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;  
      c. Verifikasi data pemohon pada data SIAK  
      d. Mencetak KTPel / Surat Keterangan Pengganti KTPel;  
      e. Memberikan KTPel / Surat Keterangan Pengganti KTPel asli kepada pemohon  
      f. Mengarsip berkas permohonan dan persyaratan    
                     
  3. Jangka waktu Paling lambat 3 (tiga) hari  
    pelayanan                    
  4. Biaya/tarif Tidak ada biaya / Gratis    
                   
  5. Produk pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik / Surat Keterangan Pengganti    
      KTPel  
  6. Penanganan, a. Media langsung atau tatap muka di unit Pengaduan;  
    pengaduan, saran, b. Media telepon dinas :  (0274) 367526          
    dan masukan c. Media Whatsapp Pengaduan Disduk Nomor HP : 085327466677  
      d. Media internet :  
        Pengaduan ditujukan melalui website, email dan Facebook  
        Website : www.disdukcapil.bantulkab.go.id  
        Alamat email : email disdukcapil@bantulkab.go.id  
        Facebook : disdukcapil Bantul  
             
                         
  Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing), meliputi :
                         
  NO KOMPONEN URAIAN
  1. Dasar Hukum a. Undang-Undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang Administrasi Kependudukan
      b. Undang-Undang  Nomor  24  Tahun  2013  tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
      c. Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
      d. Peraturan  Presiden  Nomor  96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
      e. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 75 Tahun 2014 tentang Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk Dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik
      f. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan
      g. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2007  sebagaimana  telah  diubah  dengan  Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi  Dinas  Daerah  di  lingkungan  Pemerintah Kabupaten Bantul;
      h. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2015 tentang Tertib Administrasi Kependudukan ;
                         
  2. Sarana dan Prasarana, dan /atau fasilitas a. Ruang Pelayanan yang dilengkapi dengan AC, TV, Ruang Bermain Anak, Ruang Laktasi, Toilet umum, Fasilitas Difable (Kursi Roda dan Unit Pelayanan difable) Permen dan Air Minum;
      b. Seperangkat Komputer dengan aplikasi SIAK;
      c. Blangko KTPel / Kertas Surat Keterangan Pengganti KTPel
      d. Printer KTPel / Printer laser jet
                         
  3. Kompetensi a. Mampu menguasai komputer dengan aplikasi SIAK;
    Pelaksana b. Menguasai  aturan  tentang  peraturan  perundang-undangan yang mengatur penyelenggaraan administrasi kependudukan;
      c. Mampu bersikap ramah dengan para pemohon;
                         
  4. Pengawasan Internal Pengawasan   internal   melekat   pada   Kepala   Identitas Penduduk, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk
                         
  5. Jumlah 3 (tiga) orang di Dinas
    Pelaksana 17 (tujuh belas) orang di Kecamatan
  6. Jaminan Pelayanan 1. Motto atau slogan
        "SEMANGAT MELAYANI SEPENUH HATI"
      2. Budaya   kerja   
        "DISIPLIN, RAMAH, MUDAH, ADIL, JUJUR, JELAS"
      3. Jaminan kepastian waktu penyelesaian proses pelayanan;
      4. Kejelasan persyaratan administrasi.
                         
  7. Jaminan 1.  Pemberian alat pemadam kebakaran;
    keamanan dan 2.  Jaminan kerahasiaan data penduduk;
    keselamatan 3.  Dokumen dijamin keabsahannya.
    pelayanan                    
  8. Evaluasi Kinerja a. Rapat koordinasi  intern seminggu  rutin terkait pelaksanaan pelayanan;
    Pelayanan                    
      b. Survey kepuasan pelanggan dengan survey harian dan IKM. secara rutin dan berkelanjutan setiap 6 bulan sekali, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
                         
                         
                         
                         
            Kepala Dinas
            Kependudukan dan Pencatatan Sipil
            Kabupaten bantul
             
 
         
                         
                         
            BAMBANG PURWADI NUGROHO, SH.MH
            NIP. 197108301996031003
                         

Komentar atas Dukcapil: Standar Pelayanan Penerbitan KTP Elektronik Hilang/Rusak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License