JENIS PELAYANAN |
: PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK HILANG ATAU RUSAK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
|
1. |
Persyaratan |
Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik |
|
|
|
Pelayanan |
karena hilang / rusak: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian apabila hilang |
|
|
|
|
b. |
KTPel Asli apabila rusak |
|
|
|
|
c. |
Fotokopi Kartu Keluarga |
|
|
|
|
d. |
Bagi Orang Asing ditambah fotokopi dokumen perjalanan dan fotokopi kartu izin tinggal tetap |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Sistem, mekanisme, dan |
a. |
Pemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian; |
|
|
|
prosedur |
b. |
Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan; |
|
|
|
|
c. |
Verifikasi data pemohon pada data SIAK |
|
|
|
|
d. |
Mencetak KTPel / Surat Keterangan Pengganti KTPel; |
|
|
|
|
e. |
Memberikan KTPel / Surat Keterangan Pengganti KTPel asli kepada pemohon |
|
|
|
|
f. |
Mengarsip berkas permohonan dan persyaratan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Jangka waktu |
Paling lambat 3 (tiga) hari |
|
|
|
pelayanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Biaya/tarif |
Tidak ada biaya / Gratis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Produk pelayanan |
Kartu Tanda Penduduk Elektronik / Surat Keterangan Pengganti |
|
|
|
|
|
KTPel |
|
|
6. |
Penanganan, |
a. |
Media langsung atau tatap muka di unit Pengaduan; |
|
|
|
pengaduan, saran, |
b. |
Media telepon dinas : (0274) 367526 |
|
|
|
|
|
|
|
dan masukan |
c. |
Media Whatsapp Pengaduan Disduk Nomor HP : 085327466677 |
|
|
|
|
d. |
Media internet : |
|
|
|
|
|
Pengaduan ditujukan melalui website, email dan Facebook |
|
|
|
|
|
Website : www.disdukcapil.bantulkab.go.id |
|
|
|
|
|
Alamat email : email disdukcapil@bantulkab.go.id |
|
|
|
|
|
Facebook : disdukcapil Bantul |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing), meliputi : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
1. |
Dasar Hukum |
a. |
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan |
|
|
|
b. |
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan |
|
|
|
c. |
Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan |
|
|
|
d. |
Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil; |
|
|
|
e. |
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 75 Tahun 2014 tentang Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk Dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik |
|
|
|
f. |
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan |
|
|
|
g. |
Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2007 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul; |
|
|
|
h. |
Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2015 tentang Tertib Administrasi Kependudukan ; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Sarana dan Prasarana, dan /atau fasilitas |
a. |
Ruang Pelayanan yang dilengkapi dengan AC, TV, Ruang Bermain Anak, Ruang Laktasi, Toilet umum, Fasilitas Difable (Kursi Roda dan Unit Pelayanan difable) Permen dan Air Minum; |
|
|
|
b. |
Seperangkat Komputer dengan aplikasi SIAK; |
|
|
|
c. |
Blangko KTPel / Kertas Surat Keterangan Pengganti KTPel |
|
|
|
d. |
Printer KTPel / Printer laser jet |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Kompetensi |
a. |
Mampu menguasai komputer dengan aplikasi SIAK; |
|
|
Pelaksana |
b. |
Menguasai aturan tentang peraturan perundang-undangan yang mengatur penyelenggaraan administrasi kependudukan; |
|
|
|
c. |
Mampu bersikap ramah dengan para pemohon; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Pengawasan Internal |
Pengawasan internal melekat pada Kepala Identitas Penduduk, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Jumlah |
3 (tiga) orang di Dinas |
|
|
Pelaksana |
17 (tujuh belas) orang di Kecamatan |
|
6. |
Jaminan Pelayanan |
1. |
Motto atau slogan |
|
|
|
|
"SEMANGAT MELAYANI SEPENUH HATI" |
|
|
|
2. |
Budaya kerja |
|
|
|
|
"DISIPLIN, RAMAH, MUDAH, ADIL, JUJUR, JELAS" |
|
|
|
3. |
Jaminan kepastian waktu penyelesaian proses pelayanan; |
|
|
|
4. |
Kejelasan persyaratan administrasi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Jaminan |
1. |
Pemberian alat pemadam kebakaran; |
|
|
keamanan dan |
2. |
Jaminan kerahasiaan data penduduk; |
|
|
keselamatan |
3. |
Dokumen dijamin keabsahannya. |
|
|
pelayanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Evaluasi Kinerja |
a. |
Rapat koordinasi intern seminggu rutin terkait pelaksanaan pelayanan; |
|
|
Pelayanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Survey kepuasan pelanggan dengan survey harian dan IKM. secara rutin dan berkelanjutan setiap 6 bulan sekali, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Dinas |
|
|
|
|
|
|
Kependudukan dan Pencatatan Sipil |
|
|
|
|
|
|
Kabupaten bantul |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAMBANG PURWADI NUGROHO, SH.MH |
|
|
|
|
|
|
NIP. 197108301996031003 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|