Mahasiswa KKN UNY Laksanakan Sosialisasi Bangunan Aman bagi Siswa SD Negeri Lanteng Baru
Administrator 16 Desember 2025 21:05:43 WIB
Bantul – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan kegiatan sosialisasi bangunan aman bagi siswa Sekolah Dasar. Kegiatan ini merupakan program kerja individu yang dilaksanakan oleh Burhanuddin Nur Latif, mahasiswa UNY yang tergabung dalam Kelompok KKNM 24036 UNY.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di SD Negeri Lanteng Baru, Dusun Kajor Kulon, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada siswa sekolah dasar mengenai pentingnya bangunan rumah yang aman sejak usia dini.
Selain penyampaian materi, siswa juga diajak untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan sederhana terkait bangunan rumah yang aman di lingkungan sekitar mereka.
Praktik Pembuatan Maket Rumah Sederhana
Sebagai bentuk penerapan materi yang telah disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan maket rumah sederhana. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diberikan bahan seperti stik kayu, kardus, dan lem untuk menyusun maket rumah.
Edukasi Bangunan Aman Sejak Dini
Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan materi pengenalan mengenai konsep dasar bangunan rumah yang aman, meliputi fungsi dan peran bagian-bagian utama bangunan seperti fondasi, dinding, dan atap rumah. Materi disampaikan dengan metode yang sederhana dan komunikatif agar mudah dipahami oleh anak-anak.
Melalui kegiatan ini, siswa dapat memahami bentuk dan susunan bangunan rumah secara visual dan langsung. Selain itu, kegiatan ini juga melatih kreativitas, kerja sama, dan kemampuan berpikir siswa dalam menyusun sebuah bangunan sederhana.
Antusiasme dan Hasil Kegiatan
Siswa terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari penyampaian materi hingga pembuatan maket rumah. Hasil maket rumah yang telah dibuat kemudian ditampilkan dan diperlihatkan bersama sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil karya siswa.Kegiatan ini menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa, karena mereka dapat belajar sambil berkreasi secara langsung.
Bentuk Pengabdian Mahasiswa KKN UNY
Burhanuddin Nur Latif menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi bangunan aman ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN UNY kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan.
Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa SD Negeri Lanteng Baru dapat memiliki pemahaman awal mengenai pentingnya bangunan yang aman serta menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan tempat tinggal mereka. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari kontribusi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dalam mendukung pendidikan dan keselamatan sejak usia dini di wilayah Selopamioro, Imogiri, Bantul.
Formulir Penulisan Komentar
KALENDER
Selopamioro On Podcast
Tautan
Profil Kalurahan Selopamioro 2025
Statistik Kunjungan
| Hari ini | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
| Kemarin | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
| Jumlah Pengunjung | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
- TINGGINYA JASA TENAGA TANI DI KAJOR KULON
- PROGRAM KERJA KKN M UNY 24036 : INFRASTRUKTUR LAPANGAN VOLI DI DUSUN KAJOR KULON
- Mahasiswa KKN UNY Laksanakan Sosialisasi Bangunan Aman bagi Siswa SD Negeri Lanteng Baru
- Mahasiswa KKNM 24036 UNY Rancang Desain Gapura untuk Perkuat Identitas Dusun Kajor Kulon
- KKN-M UNY 24036 Gelar Workshop Game Digital, Guru SDN Lanteng Baru Ikut Merasakan Serunya Educaplay
- Tingkatkan Kesadaran Anti Bullying Sejak Dini, Mahasiswa KKN-M UNY 24036 Gelar Sosialisasi dan Pembu
- Penguatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Program Edukasi Gemar Menabung KKN-M UNY 2403
Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License













