Batik Selokaton Dusun Putat Siap Menerima Pesanan

Administrator 21 Januari 2020 11:13:52 WIB

Pada hari Senin tanggal 20 Januari 2020, para ibu dari padukuhan Putat melaksanakan kegiatan membatik yang di ketahui pengelolaannya yaitu ibu Eutik Sadiah yang beranggotakan 5 orang diantaranya ibu Ngatirah, ibu Ning, ibu Tanti, ibu Asih, ibu Ngatijem.
Awal mula ibu-ibu bisa membatik yaitu bermula dari pelatihan yang di adakan di desa, pertama kali pelatihan tahun 2013 yang di batik adalah batik jumputan, lalu batik cap hingga pelatihan batik cap kombinasi batik canting. Setelah dari pelatihan tersebut ibu-ibu mulai membetuk paguyuban batik Putat yang di ketua i oleh ibu Eutik Sadiah, sebelum melakukan bisnis ibu-ibu tersebut membatik hanya untuk ikut serta dalam setiap pameran dan bisa di beli juga lewat acara pameran tersebut yang harga dari batikan tersebut selalu bisa di jangkau buat semua kalangan orang.


Dan setelah pameran itu sudah mulai tumbuh pemesanan-pemesanan batik yang bisa di pesan lewat telfon maupun datang langsung ke lokasi yaitu dusun Putat RT 01. Awal mula dana yang di pergunakan untuk modal pemesanan yaitu dari modal PMPM, pembayaran pekerja pun setelah kain pemesanan di setorkan kepada sang pemesan , hingga setelah tumbuh dan berkembangnya batik tersebut lah tumbuh dana bantuan buat melancarkan usaha bisnis pembatikan tersebut. Dan sampai sekarang pun masih berjalan dan melayani berbagai pesanan.
Tatacara membaiknya pun mudah :
1. Mula-mula siapkan bahan yang perlu di pakai.
2. Proses pencantingan isen-isen.
3. Proses pencopetan pertama.
4. Pewarnaan ke dua dengan warna yang berbeda.
5. Pelorotan atau menghilangkan lilin malam yang menempel pada kain.
6. Dan yang terakhir yaitu proses pengepakan kain.

Kontributor: AMP

kontak person: bu Eutik 0812-1588-763

Komentar atas Batik Selokaton Dusun Putat Siap Menerima Pesanan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License