Perajang Tembakau Kalidadap 1, Eksis Ditengan Kemajuan Jaman

Administrator 14 November 2019 11:40:15 WIB

Dusun Kalidadap 1, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kab. Bantul, lebih tepatnya terletak di pegunungan yang beriklim tropis yang mayoritas penduduknya adalah bekerja sebagai petani.

Di dusun ini merupakan penghasil tembakau terbesar di wilayah Desa Selopamioro karena memiliki luas lahan sekitar 25ha. Tanaman tembakau yang ditanam pada musim kemarau ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka, karena proses tanam yang begitu sederhana kemudian untuk proses pengolahannya pun cukup mudah. Dengan kebutuhan sedikit airpun mampu menumbuh kembangkan tanaman tembakau tersebut.

Tahun ini harga perkilo tembakau kering siap untuk dijual berkisar Rp. 70.000,00 (tujuh puluh ribu rupiah).
Dengan proses pengolahan yang sederhana dengan menggunakan peralatan tradisional mampu memberikan hasil yang memuaskan dan dengan citarasa tembakau yang original. Dengan begitu citarasa tembakau hasil dari petani warga kalidadap mempunyai citarasa sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet kimia. Sehingga untuk kenikmatan para perokok tengwe merasa puas.


Tanaman tembakau ini biasanya ditanam pada bulan April sampai bulan Agustus 2019 hingga berakhir pada masa panen dan pengolahannya.
Sampai saat ini warga petani tembakau kalidadap belum tersentuh pemerintah, mereka masih menggunakan ilmu pengetahuan seadanya sehingga belum bisa memperoleh hasil yang maksimal. Oleh sebab itu diperlukan peran pemerintah baik dari dinas pertanian daerah maupun pusat, sehingga bisa meningkatkan hasil olahan tembakau yang maksimal baik dari segi penanaman, pengolahan maupun pemasaran sehingga disamping mencapai harga yang maksimal juga bisa menembus pasar Nusantara. (Sty)

Komentar atas Perajang Tembakau Kalidadap 1, Eksis Ditengan Kemajuan Jaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License