Program Literasi menjadi Program Unggulan KKN UIN SUKA 93

Administrator 31 Agustus 2017 09:08:21 WIB

Pelatihan Literasi Bagi siswa siswi SD di Selopamioro menjadi program ungguln oleh KKN UIN Sunan kalijaga Yogyakarta ke 93.

             Salah satunya di Lanteng Baru Lanteng II unit 1, acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2017 dan diikuti oleh 18 orang siswa SD Lanteng Baru yang terdiri dari kelas 6. Acara ini diadakan pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00. acara dimulai dengan pembukaan dan perkenalan kemudian dilanjutkan tampilan slide yang berisi tentang cara membaca cepat dan mencari gagasan pokok dari sebuah buku. Setelah itu siswa disodorkan sebuah buku dan diwajibkan membaca buku tersebut dengan batas waktu 20 menit. Adapun judul buku yang disodorkan kepada siswa beragam, rata-rata bertema sejarah dan sebagian buku berkisah sebuah dongeng atau legenda.

            Setelah diberikan waktu 20 menit untuk membaca buku tersebut mereka diberikan waktu 15 menit untuk membuat resume atas isi buku yang telah mereka baca. Hasil dari resume tersebut kemudian dikumpulkan dan pelatihan itu ditutup dengan memanggil beberapa siswa untuk membacakan hasil resume dari buku yang ia baca. Setelah dilakukan pengecekan atas resume siswa siswi kelas 6 SD Lanteng baru dapat disimpulkan bahwa hampir 70 % dari jumlah siswa siswi dapat memghatamkan bacaan dan menangkap isi cerita dari buku yang mereka bca, sedangka 15 % siswa mampu menghatamkan buku bacaan tersebut namun tidak mampu menceritakan kembali ke dalam resume dan sisanya tidak mampu menghatamkan buku dan tidak dapat menangkap isi buku tersebut. Mengingat materi buku yang berisikan sejarah dengan bahasa yang cukup sulit menurut kami rata-rata siswa siswi kelas 6 SD Lanteng Baru berhasil dalam menangkap materi pelatihan dan harapan kami semua siswa dan siswi SD Lanteng Baru dapat menerapkan materi yang disampaikan minimal siswa dan siswi gemar membaca buku baik itu berupa novel atau semacamnya terkhusus buku buku pelajaran.

 

Komentar atas Program Literasi menjadi Program Unggulan KKN UIN SUKA 93

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License