Musyawarah Desa dengan Puskesmas 2 Imogiri

Administrator 14 Maret 2017 09:24:40 WIB

Senin, 13 Maret 2017

Bertempat di aula Balai Desa Selopamioro, Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Puskesmas 2 Imogiri dengan Desa Selopamioro. Kegiatan ini dilakukan setelah sebelumnya melaksanakan Survey Mawas Diri (SWD) kader kesehatan desa. Acara tersebut dihadiri oleh kepala Puskesmas 2 Imogiri Sugondo, S.K.M, sekdes Ngadimin, kadus, babinsa, dan kader kesehatan desa. 

Dalam sambutanya, sekdes Ngadimin memberikan gambaran pemetaan anggaran untuk kesehatan, diakui oleh beliau bahwa anggaran untuk kesehatan masih minim. Beliau meminta agar para dukuh untuk menyisipkan program kesehatan pada saat nanti Musdus, sehingga tidak hanya program fisik saja yang menjadi penekananan. 

Sambutan selanjutanya oleh kepala Puskesmas 2 Imogiri, beliau memaparkan hasil dari Survey Mawas Diri dari kader kesehatan, setiap kader membawa 10 data warga per pedukuhan. Ada hal yang perlu menjadi catatan pihak Desa yaitu, belum semua warga mempunyai jaminan kesehatan, masih adanya Berat Bayi Lahir dengan Rendah (BBLR), perlunya Pemberian Makanan Tambahan kepada ibu hamin, masih adanya bayi dengan status gizi kurang, posyandu mandiri baru 2 pedukuhan, perlu adanya operasional Jumantik per bulan, perlu adanya program Jamban keluarga, dan hal nyang diluar hitungan ternyata ada 50an warga dengan gangguan jiwa. 

Dalam kesimpulannya, kepala Puskesmas 2 Imogiri menyarankan agar para dukuh memberikan perhatian khusus pada kesehatan pada saat penyusunan RKA dan RKP Desa tahun 2018. Berita bagusnya adalah, sebagian besar masyarakat Selopamioro berobat ke Puskesmas 2, tidak ada ibu hamil yang mengalami gangguan kehamilan, tidak ada masalah remaja mengenai Narkoba dan miras.

Acara tersebut ditutup dengan tanya jawab dengan para peserta Musyawarah. 

Komentar atas Musyawarah Desa dengan Puskesmas 2 Imogiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License